Yogyakarta-Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta mendapat predikat terbaik pertama nasional untuk kategori siaran press pada ajang Anugerah Media Humas (AMH) tahun 2022.

Untuk terbaik kedua jatuh pada Pemkot Malang dan juara ketiga diraih Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut. Selain itu, pada ajang tersebut Pemkot Yogya juga meraih terbaik pertama untuk kategori website pemerintah.

Pada kategori ini terbaik kedua jatuh pada Pemkot Malang dan terbaik ketiga jatuh pada Pemkab Tuban. Penghargaan yang digelar Hotel Marriott ini merupakan bentuk komitmen dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI untuk terus mendorong peningkatan dan inovasi badan publik dalam komunikasi dan mendiseminasi informasi publik kepada masyarakat.

Menteri Kominfo, Johnny G Plate mengatakan ajang tersebut dalam rangka menciptakan semangat berkompetisi untuk meningkatkan kualitas komunikasi publik pemerintah.

Kemenkominfo menyadari bahwa capaian komunikasi publik tidak terlepas dari kerjasama pentahelix yang dibangun selama ini, termasuk dengan media kehumasan pemerintah baik di kota maupun kabupaten.

“Oleh karenanya saya ingin menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para insan humas pemerintah, baik dari kementerian dan lembaga pemerintah daerah, BUMN, BUMD hingga perguruan tinggi di seluruh Indonesia,” katanya Kamis (24/11/2022).

Ia menjelaskan beberapa kriteria penilaian dalam ajang tersebut seperti kualitas narasi, inovasi, tampilan, hingga interaksi dengan masyarakat dalam komunikasi publik.

“Kinerja humas harus responsif dan adaptif dengan perkembangan yang ada di masyarakat. Diseminasi konten harus semakin kreatif ditengah karakter dan kebutuhan masyarakat,” ungkapnya.

“Ajang AMH tahun 2022 ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk berkompetisi secara positif di antara insan humas sekalian,” kata Menkominfo.

Ditemui usai menerima penghargaan, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogyakarta, Tri Hastono menyatakan penghargaan ini bukanlah tujuan akhir, melainkan cambuk baginya agar dapat lebih berinovasi lagi.

“Yang terpenting adalah bekerja maksimal untuk masyarakat. Sementara penghargaan adalah bonus untuk memotivasi kinerja kami,” tegasnya.

Dengan diraihnya penghargaan tersebut juga membuktikan komitmen apik Pemkot Yogyakarta dalam menjalankan fungsi kehumasan, terutama menyebarkan informasi secara luas kepada masyarakat.

By AR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *