Yogyakarta-Sekda Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya berserta kepala perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta meninjau sumber mata air baku PDAM Tirtamarta yakni di umbul wadon dan umbul lanang yang berada di lereng Gunung Merapi.

Kunjungannya tersebut merupakan bentuk komitmen Pemkot Yogya dan PDAM Tirtamarta untuk terus senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Kota Yogyakarta dalam penyediaan air bersih.

“Ini untuk mengecek kualitas air baku di Kota Yogya. Diantaranya dengan melihat langsung sumber mata air PDAM Tirtamarta di Umbul Wadon dan Umbul Lanang,” bebernya, Selasa (20/9/2022).

Kedua mata air ini sangat jernih, bahkan kejernihan mata air yang berada di objek wisata alam Plunyon Kalikuning ini menarik perhatian Sekda Kota Yogya serta rombongan lainnya untuk mencoba meminumnya.

Sebelum meninjau dua umbul tersebut, para rombongan juga menyempatkan melihat Instalasi Pengolahan Air (IPA) Padasan yang berada di Kapanewon Pakem, Sleman. IPA tersebut berfungsi untuk menampung air dari dua umbul tersebut dan kemudian dialirkan untuk para pelanggan.

Sebagai informasi PDAM Tirtamarta memiliki beberapa titik lokasi IPA, diantaranya terletak di Dusun Bedog, Karanggayam, Gemawang, Pengok, Kotagede, dan Padasan. Keenam IPA ini rutin dilakukan pengecekkan dan kontrol peralatan.

Selain itu PDAM Tirtamarta juga rutin melakukan pengurasan bak reservoir di IPA tersebut. Pengurasan bak reservoir ini untuk menjaga kualitas produksi air bersih.

“Kami rutin melakukan pengurasan reservoir, pengurasan ini dilakukan tiap enam bulan sekali,” beber Direktur Utama PDAM Tirtamarta, Majiya.

Selama proses tersebut, suplay air minum ke pelanggan tidak mati, namun hanya sedikit ada pengurangan tekanan.

By AR

Leave a Reply

Your email address will not be published.