Yogyakarta-Penjabat Walikota Yogyakarta, Sumadi didampingi Sekda Kota Yogyakarta, yang juga merupakan Ketua Kontingen Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya menghadiri pembukaan Porda XVI dan Peparda III DIY tahun 2022.

Sumadi optimis Kota Yogyakarta dapat meraih juara umum pada kedua ajang bergengsi tersebut. Pada Porda DIY sebelumnya Kota Yogya finis di urutan kedua dengan raihan 134 medali emas, 131 perak, dan 133 perunggu.

“Dengan latihan intensif yang selama ini telah dijalankan, kita optimis dapat mempersembahkan prestasi yang terbaik bagi Kota Yogya yaitu juara umum,” bebernya di Stadion Maguwoharjo, Kamis (1/9/2022).

Sementara itu Ketua Kontingen Kota Yogya Aman Yuriadijaya mengaku siap untuk membawa kontingen Kota Yogya meraih prestasi terbaik di dua ajang ini.

“Untuk itu, kami memohon doa dan dukungan dari seluruh hadirin yang hadir di acara ini dan seluruh masyarakat Kota Yogya agar perjuangan atlet-atlet Kota Yogyakarta bisa meraih hasil maksimal,” tegasnya.

Gelaran yang berlangsung mulai tanggal 1 hingga 9 September 2022 ini dibuka secara langsung oleh Wakil Gubernur (Wagub) DIY, KGPAA Paku Alam X yang ditandai dengan penyalaan Api Porda dan Peparda.

Dalam sambutannya Wagub berharap ajang olahraga multievent tertinggi di DIY ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Dalam pembukaan ini diisi berbagai kesenian seperti tarian kolosal dengan tema ‘Greget Nyawiji’, defile atlet, serta di meriahkan pementasan oleh grup band Kotak.

Ketua KONI DIY, Djoko Pekik Iriyanto mengatakan pelaksanaan Porda dan Perparda ini diharapkan menghasilkan prestasi-prestasi terbaik.

“Kita berharap ada pemecahan rekor-rekor Porda, syukur bisa rekor nasional agar DIY bisa menyumbangkan atlit nasional,” katanya.

Porda XVI akan mempertandingkan 44 cabang olah raga dan 1 cabang olahraga eksibisi. Sedangkan Peparda III akan mempertandingkan 10 cabang olah raga. Dari 44 cabor ini ada 3 yang baru, yaitu hapkido, esport dan kick boxing.

Seluruh laga cabor Peparda berada di Kabupaten Sleman, demikian pula untuk venue Porda XVI, kecuali cabang olahraga aerosport di Lapangan Udara Gading Gunungkidul, cabor dayung di Waduk Sermo Kulon Progo, cabor sepatu roda di Stadion Sultan Agung, Bantul.

Sebagai informasi kontingen Kota Yogyakarta secara total 921 personel yang terdiri dari dari 732 atlet, 113 pelatih dan 76 ofisial. Dengan total nomor pertandingan atau perlombaan yang diikuti sebanyak 411 nomor dari 44 cabang olahraga.

Mesti di buka pada 1 September 2022, namun beberapa cabang olahraga Porda XVI DIY ini sudah berjalan, seperti cabang olahraga sepakbola dan hoki. Pada laga yang di gelar Selasa (30/8/2022) lalu, tim sepak bola Kota Yogyakarta sukses mengandaskan perlawanan tim Kulon Progo.

Pertandingan yang digelar di Stadion Tridadi, Sleman tersebut berkesudahan dengan skor 3-0 untuk kemenangan tim Kota Yogyakarta.

Sementara untuk cabor hoki, tim hoki indoor putri Kota Yogya juga sukses meraih kemenangan di laga perdananya kontra Kulon Progo. Di laga tersebut tim Kota Yogyakarta meraih skor 3-0.

By AR

Leave a Reply

Your email address will not be published.