Yogyakarta-Peringatan hari jadi ke-17 Komunitas Lansia Mustika Handayani Karangwaru diisi dengan senam sehat dan lomba untuk menjaga kekompakan antar lansia.

“Kami ingin membuat lansia ini menjadi bahagia, gembira dan bugar. Kami menciptakan beberapa program seperti senam, dan berbagai lomba,” kata Rukun Kampung Bangirejo, Agus Widodo di Karangwaru Riverside, Sabtu (25/12/2021).

Pihaknya berharap kegiatan tersebut dapat menjadi motivasi bagi para lansia untuk tetap sehat.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, ia pun merasa bangga dan sangat mengapresiasi atas eksistensi komunitas tersebut, apalagi kegiatan yang dilakukan murni dari swadaya masyarakat, tetap guyub dan maju dalam berbagai kegiatan meski dalam kondisi pandemi Covid-19.

Wawali mengungkapkan senam sangat bermanfaat bagi lansia, yakni untuk kebugaran sekaligus kesehatan. Selain itu dengan senam, lanjutnya, lansia akan mendapatkan kegembiraan dan kebersamaan dalam suatu komunitas.

Heroe membeberkan bahwa kegiatan senam pagi ini juga merupakan kegiatan yang mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

“Germas sendiri terus gencar disosialisasikan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya kepada masyarakat yaitu dengan menggalakkan pola hidup sehat seperti olahraga dan mengkonsumsi makanan sehat,” bebernya.

Wawali pun mengungkap dimasa Pandemi Covid-19, menjaga kesehatan fisik dan mental menjadi kunci utama dalam meningkatkan imunitas tubuh.

“Kesehatan fisik dan mental menjadi kunci utama dalam meningkatkan daya tahan tubuh agar selalu sehat dan dapat terhindar dari virus berbahaya,” katanya.

Menurutnya kesehatan mental penting dijaga agar pikiran dan hati senantiasa bahagia, mengatur emosi, menjaga perasaan tetap senang, serta menghindari pikiran buruk dapat meningkatkan kesehatan dan terhindar dari berbagai virus.

By AR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *