Yogyakarta-Untuk meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) disektor penyediaan air minum, Persatuan Perusahaan Air Minum seluruh Indonesia (Perpamsi) DIY menggelar diklat operator instalasi pengolahan air (IPA) untuk seluruh karyawan PDAM se DIY.

Ketua Pengurus Perpamsi DIY, yang juga merupakan Direktur Utama PDAM Tirtamarta Yogyakarta, Majiya mengatakan tujuan kegiatan tersebut adalah sebagai upaya meningkatkan wawasan dan memberikan pemahaman tentang operasional dan penyelesaian permasalahan di IPA bagi operator.

“Kegiatan ini dalam rangka untuk meningkatkan wawasan dan kinerja bagi para pegawai, sehingga memiliki kompetensi yang memadai,” ujarnya, Minggu (24/10/2021) di Pesona Hotel Yogyakarta.

Sementara itu Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti sangat mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan tersebut, Menurutnya hal ini sangat penting mengingat keberadaan air bersih merupakan kebutuhan wajib manusia.

“Oleh karenanya keberadaan PDAM sebagai organisasi yang diberikan amanah untuk mengelola dan menyalurkan air bersih haruslah berkompeten, professional, modern dan memahami betul bidang pekerjaan yang diberikan,” jelasnya.

Ia pun mengatakan pengolahan air minum menjadi tantangan masyarakat modern, terlebih di era pandemi ini keberadaan air sangat penting untuk menjaga imunitas tubuh.

“Keterjangkauan, kontinuitas, kuantitas, dan kulitas, menjadi aspek yang harus diperhatikan,” katanya.

Pihaknya pun berpesan kepada seluruh peserta diklat tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik yang bermuara pada pelayanan bagi masyakarat.

Selain itu pihaknya juga meminta agar seluruh jajaran PDAM untuk terus meningkatkan pelayanan bagi pelanggan sehingga, kedepannya lebih baik.

“Untuk itu, saya mengajak segenap jajaran PDAM untuk benar-benar meningkatkan semangat dan komitmennya dalam melayani masyarakat, pelayanan terbaik harus menjadi komitmen kita semua, jangan sampai ada keluhan dari masyarakat terkait penyediaan air bersih,” katanya.

Selain itu, Walikota juga mendorong seluruh PDAM agar tetap konsisten mengembangkan produksi air minum kemasan untuk menambah pendapatan perusahaan daerah tersebut.

By AR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *