Yogyakarta-Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta segera menuntaskan vaksinasi Covid-19 bagi penduduk setempat di bulan Oktober 2021. Terutama bagi warga yang layak atau memenuhi syarat untuk divaksinasi Covid-19. Termasuk bagi warga bukan penduduk kota tapi tinggal atau domisili di Kota Yogyakarta.

“Dalam sepekan ke depan kami tuntaskan vaksinasi untuk warga kota dan domisili di kota. Kami optimis Insya Allah Oktober ini seluruh warga Kota Yogya yang layak vaksin sudah divaksin semua,” kata Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat meninjau vaksinasi Covid-19 untuk Brajamusti suporter PSIM Yogyakarta, di Xt- Square, Minggu (3/10/2021).

Heroe menyebut ada sekitar 500 orang suporter Brajamusti PSIM yang mengikuti vaksinasi Covid-19 yang difasilitasi Pemkot Yogyakarta di Xt- Square. Sebagian besar suporter itu adalah penduduk Yogyakarta dan sebagian luar kota tapi beraktivitas di Kota Yogyakarta.

Pihaknya menegaskan, kegiatan vaksinasi Covid-19 masih terus diadakan. Heroe menyatakan pada minggu- minggu kemarin konsentrasi pada vaksinasi dosis kedua, seperti para pelajar di Kota Yogyakarta, sehingga pergerakan capaian vaksinasi dosis satu agak sedikit lambat.

“Awal Oktober ini kami sudah mulai lagi melakukan vaksinasi dosis satu. Di wilayah- wilayah dan sentra- sentra vaksinasi kami minta segera mempercepat karena pada tanggal 7 Oktober harapannya seluruh warga Kota Yogya yang layak vaksin sudah divaksin semua,” terangnya.

Heroe menjelaskan capaian vaksinasi Covid-19 penduduk Kota Yogyakarta sekitar 73 persen jika dibandingkan dengan total penduduk kota yang wajib divaksinasi. Tapi, lanjutnya, kalau total penduduk kota wajib vaksin dikurangi warga penyintas Covid-19 dan memiliki komorbid, capaian vaksinasi penduduk Kota Yogyakarta sekitar 82 persen.

“Pada kenyataannya RT-RT sudah kesulitan untuk mencari warga yang belum divaksin. Jadi biasanya ketemunya orang- orang yang belum divaksin karena penyintas atau memiliki komorbid,” tambah Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta itu.

Dengan kondisi itu, Heroe menyampaikan vaksinasi Covid-19 di Kota Yogyakarta tinggal menunggu waktu  warga penyintas Covid-19 dan memiliki komorbid memenuhi syarat untuk divaksin. Pihaknya juga berharap bagi warga vaksinasi segera datang ke puskesmas, sentra- sentra layanan vaksinasi maupun mendaftar lewat Jogja Smart Service.

Selain itu pihaknya kini sedang mensinkronkan data vaksinasi di Pusdatin bagi penduduk KTP Kota Yogyakarta yang tinggal di luar kota. Terutama untuk memastikan penduduk Kota Yogyakarta itu sudah divaksin atau belum. Heroe menyampaikan dari data yang dimiliki Pemkot Yogyakarta sekitar 20 persen penduduk KTP Kota Yogyakarta, tidak tinggal di Kota Yogyakarta.

“Data itu akan kami sisir lagi. Harapan kami pemilik KTP Kota Yogyakarta yang berdomisili di luar kota segera vaksin di tempat terdekat di daerah domisili. Jadi kami bisa menyisir datanya di Pusdatin,” ucap Heroe.

Menurutnya stok vaksinasi Pemkot Yogyakarta masih cukup banyak. Heroe menyatakan Gubernur DIY sudah meminta tambahan vaksin untuk vaksinasi mahasiswa yang Oktober ini akan datang. Mengingat di bulan Oktober ini sebagian kampus sudah memulai aktivitas kuliah tatap muka. Sebagian pelajar juga sudah masuk pembelajaran tatap muka.

By AR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *