Yogyakarta-Walikota Yogyakarta, yang juga merupakan Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Yogya, Haryadi Suyuti, melantik anggota pengurus Majelis Taklim Perempuan (MTP) IPHI periode 2020-2025.

Usia melantik Walikota mengungkapkan bagi sebuah organisasi, pergantian pengurus secara berkala merupakan hal yang biasa dan perlu dilakukan agar terjadi dinamisasi yang demokratis berdasarkan musyawarah dalam organisasi.

“Pelantikan tersebut juga untuk mengangkat anggota-anggota yang lebih muda, sehingga nantinya lebih matang dalam menjalankan organisasi,” ujarnya di ruang Bima Balaikota. Kamis (30/9/2021).

Selain itu, ia juga mengajak kepada seluruh pengurus IPHI Kota Yogya agar terus bersinergi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya. Menurutnya, sinergitas antara IPHI dengan Pemkot Yogya dibutuhkan untuk menjaga budaya beragama agar dapat hidup berdampingan.

“Agar kita semua masyarakat Kota Yogya dapat hidup berdampingan secara harmonis, jauh dari gesekan dan saling menghormati,” ungkapnya.

Dengan sinergitas tersebut, lanjutnya, mampu memberikan kekuatan didalam organisasi IPHI dan menyelaraskan peran-peran yang dilakukan oleh setiap anggotanya.

“Dengan potensi dan kekuatan yang dimiliki organisasi, IPHI hendaknya bukan hanya kuat ke dalam, tetapi sekaligus harus mampu menjalankan peran-peran strategisnya dalam memajukan kehidupan umat, bangsa dan kemanusiaan,” katanya.

Selain itu, organisasi IPHI, tidak semata-mata sebagai wadah yang bergerak dalam mengayomi, menampung, dan menyalurkan aspirasi bagi kepentingan anggota serta mempererat hubungan tali silaturahmi antar pengurus dan anggota.

“Tetapi lebih dari itu IPHI potensial untuk memberikan sumbangsih pemikiran sekaligus memikul tanggung jawab pembangunan bangsa,” ujarnya.

Untuk itu, tambahnya, hendaknya IPHI dapat menempatkan dirinya sebagai sumber daya pembangunanan yang telah matang dan sarat dengan pengalaman.

Menurutnya peran kita semua sangat diharapkan dalam ikut membangun Kota Yogya, pada saat ini Kota Yogya tengah  mengupayakan untuk melaksanakan percepatan vaksinasi serta berbagai usaha untuk melakukan pemulihan ekonomi dalam masa pandemi ini.

“Semoga kita semua dapat ikut mendukung segala upaya tersebut, agar pandemi ini segera berakhir, serta keadaan ekonomi sosial masyarakat dapat segera kembali pulih seperti sedia kala,” bebernya.

By AR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *