Yogyakarta-Para budayawan dan seniman Muhammadiyah mengadakan silaturahmi nasional dibuka oleh Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi. Kegiatan ini diikuti sebanyak 35 orang budayawan secara nasional melalui daring YouTube pada Sabtu (18/9/2021) di Hotel The Alana Malioboro Yogyakarta.

Wakil Walikota Heroe Poerwadi berharap dengan tema ‘Budaya gotong royong menguatkan seni di tengah tengah masa pageblug’ diharapkan mampu memperkuat tali persaudaraan antar budayawan se Indonesia walaupun di masa pandemi seperti saat ini.

” Di masa pandemi keterbatasan mengekspresikan seni dan budaya secara langsung tidak bisa dilakukan, dimana kegiatan wisata belum di buka pada level 3. Maka kita harus mengekpresikan seni budaya melalui media,” ujarnya.

Melalui media seperti Youtube, Twitter, Facebook bisa dilakukan oleh semua budayawan agar tetap eksis. Namun adanya budaya gotong royong dapat dilakukan secara bersama-sama dan memberikan kesempatan orang untuk berekspresi dari seni dan budaya. semoga Organisasi ini bisa hidup dengan bersama dalam bekerjasama.

Tambahnya, saat ini media sangatlah ¬†berperan dalam perkembangan suatu komunitas. ” Media yang sekarang sangat mudah dan media masa ke depan harus di geluti bareng-bareng dan kita harus saling mensupport satu sama lain. Mengubah presepsi masyarakat luar terhadap media ekspresi budaya dan media komunikasi budaya,” ujar Wakil Walikota Yogyakarta.

Dengan demikian ruang seni budaya dapat dijadikan dakwah islam yang diajarkan dengan penuh rasa damai, ramah, rahmatan lilalamin. ” Harapannya seni tidak hanya untuk dibaca saja dengan puisi namun seni merupakan wadah yang bisa dinikmati oleh banyak orang khususnya bagi budaya dan seniman Muhammadiyah,” imbuhnya .

By AR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *