Yogyakarta-Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) tak membuat kinerja perbankan di Kota Yogya memburuk, hal ini dibuktikan dengan diraihnya TOP BUMD Awards 2021 untuk PD BPR Bank Jogja predikat sangat baik dengan raihan bintang empat.

Tak hanya itu, dalam ajang ini juga ada dua penghargaan lainnya. Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti meraih predikat TOP Pembina BUMD 2021, sementara Direktur Utama Bank Jogja Kosim Junaedi meraih predikat TOP CEO BUMD 2021.

Untuk diketahui TOP BUMD Awards diselenggarakan oleh majalah Top Business yang bekerjasama dengan Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) dan beberapa Lembaga.

TOP BUMD Awards 2021 ini diselenggarakan untuk mendukung program dan kebijakan Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah, guna mempercepat peningkatan kinerja BUMD dan pembangunan perekonomian di daerah.

Melalui kegiatan ini, diharapkan setiap BUMD, dapat terpacu untuk selalu berprestasi dan berperan penting dalam pembangunan daerah dan perekonomian nasional.

Direktur Utama PD BPR Bank Jogja mengatakan untuk mempertahankan prestasi tersebut, berbagai langkah dan upaya pun dilakukan, salah satunya adalah memberikan pelayanan yang terbaik untuk para nasabah.

Saat ditanya tentang mekanisme penilaian, Ia menjelaskan proses penilaiannya berlangsung sangat ketat, obyektif, independen dan komprehensif, dimana setiap BUMD yang menjadi peserta diwajibkan untuk mengisi dan menjawab kuisioner di setiap bidang kategori yang dikompetisikan.

Kemudian jawaban dinilai dan dievaluasi oleh tim penilai. Bagi yang lolos seleksi kuisioner, selanjutnya peserta diundang dalam wawancara penjurian.

“Pada tahap ini dewan juri melakukan tanya jawab dan pendalaman untuk mengetahui lebih jauh peningkatan kinerja dan inovasi yang telah dilakukan” katanya di Balaikota Yogyakarta, Kamis (16/9/2021)

Sementara itu Walikota Yogyakarta, menyatakan penghargaan yang diperoleh BPR Bank Jogja merupakan gambaran bahwasanya terdapat sinergitas yang sejalan antara pembina, direksi, maupun korporasi dengan mengejawantahkan layanan yang maksimal.

“Harapan saya penghargaan ini bisa memicu semangat bekerjasama dan berprestasi serta melayani kepada masyarakat,” imbuhnya.

Ia mengungkapkan bahwa pandemi berdampak signifikan terhadap semua sektor. Termasuk dalam sektor ekonomi perbankan.

“Namun bukan berarti fasilitas pelayanan berkurang. Oleh karena itu dia meminta Bank Jogja tetap meningkatkan pelayanan publik,” jelasnya.

Orang nomor satu di Kota Yogya ini juga berpesan kepada para direksi agar bisa menjalankan fungsi agen pemerintah khususnya dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui produk perbankan.

“Semoga prestasi ini tidak membuat bangga yang berlebihan, namun menjadi penyemangat. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang. Dua bulan terakhir, konsolidasi perbankan terkait dengan dampak yang dihasilkan hendaknya melalui upaya yang hati-hati,” pungkasnya.

By AR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *