Yogyakarta-Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) TirtaMarta Kota Yogyakarta berhasil meraih pernghargaan Top BUMD Award 2021 kategori sangat baik.

Untuk diketahui Top BUMD Awards adalah satu-satunya kegiatan corporate rating atau penilaian kinerja BUMD yang diberikan kepada BUMD-BUMD terbaik di Indonesia atas prestasi, perbaikan, dan kontribusi yang telah dilakukan terkait kinerja bisnis, layanan, dan kontribusi terhadap perekonomian daerah.

“Gelaran ini diselenggarakan untuk mendukung program dan kebijakan Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah guna mempercepat peningkatan kinerja BUMD dan pembangunan perekonomian di daerah,” kata Ketua penyelenggara, M Lutfi Handayani di Jakarta beberapa waktu lalu.

Pada penghargaan tersebut, lanjutnya, PDAM Tirtamarta Kota Yogya dinilai memiliki pencapaian kinerja yang baik, kepemimpinan dan manajemennya baik dan relatif selaras dengan visi BUMD.

Tak sampai disitu PDAM Tirtamarta juga telah melakukan inovasi atau perbaikan serta memiliki peran penting dalam pembangunan ekonomi di daerah.

“Secara umum, kombinasi pencapaian kinerja, upaya perbaikan dan kontribusi PDAM Tirtamarta sangat baik,” ujarnya.

Melalui kegiatan tersebut, diharapkan setiap BUMD dapat terpacu untuk selalu berprestasi dan berperan penting dalam pembangunan daerah dan perekonomian nasional.

Selain penghargaan terhadap PDAM Tirtamarta, Majalah BusinessNews juga menganugrahi Walikota Yogyakarta sebagai Pembina BUMD Terbaik 2021.

“Pemberian penghargaan terhadap Walikota Yogyakarta ini didasarkan peran dan interaksi kepala daerah yang turut menentukan berhasil dan tidaknya pengelolaan BUMD di daerah,” jelasmya.

Walikota Yogyakarta dinilai mampu mendukung dan memberikan ruang serta peluang kepada PDAM Tirtamarta untuk selalu berkembang, sehingga PDAM Tirtamarta memiliki daya saing dan kinerja yang tinggi.

Sementara itu Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti menyampaikan rasa syukurnya atas penghargaan tersebut, karena diberikan oleh lembaga yang bersifat objektif dan independen, sehingga prestasi ini tentunya sesuatu yang perlu disyukuri.

Pada kesempatan tersebut, Walikota mengajak semua pihak untuk bekerja lebih keras dan cerdas lagi, sehingga akselerasi pembangunan dapat berjalan lebih optimal.

“Mari terus berkontribusi terhadap pembangunan di Kota Yogya, untuk kesejahteraan masyarakat dan kemajuan diberbagai bidang lainnya,” ujarnya.

Ia menambahkan dengan diraihnya penghargaan tersebut menandakan kinerja PDAM Tirtamarta telah menunjukkan kinerja yang terbaik.

“Saya harap seluruh karyawan PDAM Tirtamarta dapat terus menunjukkan peningkatan kinerja, terus berinovasi sesuai ketentuan yang berlaku guna meningkatkan pendapatan daerah” katanya.

By AR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *