Yogyakarta-Sampai saat ini pelaksanaan vaksinasi masih gencar dilaksanakan terlebih kepada siswa-siswi Kota Yogyakarta. Sebanyak 1300 siswa-siswi di SMP Negeri 5 menjalankan vaksinasi, Selasa (24/8) kegiatan ini diikuti oleh beberapa sekolah diantaranya dari

SMP Negeri 5, SMP Islam Terpadu, SMP Kanisius Gayam, SMP Muhammadiyah 10, dan SMP Muhammadiyah 6 serta SMA Kolase De Britto Yogyakarta. Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan, saat ini vaksinasi di Kota Yogyakarta memang sedang digencarkan sesuai ketersediaan vaksin yang ada.

” Untuk saat ini yang sudah di vaksin oleh Pemerintah Kota Yogyakarta sebanyak 14.012 orang. Namun untuk vaksinasi yang dilakukan juga oleh TNI, Polri dan organisasi yang ¬†lainnya mungkin lebih dari 14 ribu. Disamping kita melaksanakan vaksin, kita saat ini konsentrasi kepada warga Kota Yogyakarta yang belum mendapatkan vaksin. ¬†Banyaknya macam vaksin ini nantinya diharapkan warga tidak perlu memilih vaksin, semuanya bermanfaat,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Waka Sarpra/Humas, sekaligus ketua panitia kegiatan Vaksin di SMPN 5 Yogyakarta, Aryani Artha  Kristanti mengatakan, ini adalah pelaksanaan vaksinasi yang kedua yang diikuti oleh 6 sekolah.

” Vaksin yang kedua ini anak-anak sangat antusias sekali mereka sama sekali tidak merasa takut, cemas, khawatir itu tidak ada, apalagi yang nangis sama sekali tidak ada. Disini juga kita siapkan tempat untuk menampung anak-anak yang memiliki keluhan saat setelah vaksin namun tidak ada, semua baik-baik saja, dan dilaksanakan dengan tertib sekali,” ungkapnya.

Ia menambahkan, saat pemberian vaksin siswa siswi masuk dan keluar dari pintu yang berbeda. Ini dikhususkan untuk mengurangi kerumunan.

” Semua murid masuk dari gerbang selatan dan pulang melalui gerbang utara. Jadi tidak ada kerumunan, orang tua tidak boleh menunggu disini hanya bisa drop out atau saat penjemputan usai vaksin,” ujarnya.

Sementara itu, setelah dari SMP Negeri 5, Heroe Poerwadi juga meninjau vaksinasi yang dilakukan oleh Alumna Stella Duce 1 angkatan 96, kegiatan ini dalam rangka pesta perak ke-25 tahun kelulusan. Ketua Pelaksana Anastasia Silvia Megatari mengatakan, vaksin ini ditujukan untuk keluarga, murid dan masyarakat disekitar Stella Duce 1 dengan jumlah vaksinasi sekitar 1000 peserta.

” Kegiatan vaksinasi mandiri ini dilaksanakan oleh Tarakanita dari alumna Stella Duce 1 khususnya angkatan 96. Ini adalah perayaan pesta perak ke-25 tahun kelulusan. Vaksinasi ini kita laksanakan setiap jam memvaksin 150 peserta. Kegiatan ini dilaksanakan dua hari yakni 24-25 Agustus 2021,” ungkapnya.

Ia berharap, setelah dilakukannya vaksinasi ini pembelajaran di sekolah kembali berjalan dan warga tetap menjalani protokol kesehatan dengan ketat. ” Tetap menjalankan 5M dan tetap semangat, makan-makanan yang bergizi dan beraktifitas olahraga dirumah karena anak-anak belajar dirumah,” ujarnya.

By AR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *