Yogyakarta-Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta terus berupaya menambah gerai vaksinasi Covid-19 di Kota Yogyakarta, setelah PDAM Tirtamarta, gerai vaksinasi ini juga dibuka di halaman kantor pusat BPD DIY.

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengatakan BPD DIY menjadi salah satu sentra vaksinasi di Kota Yogyakarta yang direncanakan menyelenggarakan vaksinasi massal sebanyak 12 kali setiap akhir pekan, Sabtu dan Minggu.

“Pada vaksinasi kali ini, Pemkot Yogyakarta menyediakan 1.000 dosis vaksin AstraZeneca,” katanya saat meninjau vaksinasi tersebut, Sabtu (21/8/2021).

Untuk memberi kemudahan identifikasi bagi warga, setiap peserta dalam kesempatan tersebut langsung diberikan gelang penanda sudah divaksin.

Karena kegiatan ini adalah vaksinasi dosis pertama, maka gelang yang diberikan berwarna kuning. Jika nantinya sudah vaksin lengkap, akan diberi gelang warna hijau.

Ia berharap agar vaksinasi massal juga diadakan di kantor-kantor cabang BPD DIY supaya memudahkan masyarakat mengakses layanan.

Sementara saat ditanya terkait persediaan vaksin di Kota Yogya, orang nomor satu di Kota Yogya ini memastikan persediaan vaksin dalam jumlah yang aman minimal untuk memenuhi kebutuhan dosis pertama.

Pada kesempatan tersebut ia tak henti-hentinya meminta kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan kesempatan vaksinasi, baik vaksinasi reguler maupun vaksinasi massal di sentra-sentra vaksinasi untuk meningkatkan “personal imunity”.

“Karena semakin banyak warga yang sudah divaksin, maka dengan sendirinya akan tercapai ‘herd imunity’,” katanya.

Sementara itu Direktur Utama BPD DIY, Santoso Rohmad menjelaskan, vaksinasi massal di bulan Agustus ini dilaksanakan selama 12 hari sejak Jumat (20/8/2021) lalu.

Setiap hari menyasar 1.000 peserta dari kalangan masyarakat umum, mahasiswa, dan pelaku UMKM.

“Harapan kami bisa ikut membantu percepatan herd immunity sehingga akan mendorong aktivitas perekonomian masyarakat,” ucapnya.

By AR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *