DLH Berikan Adiwiyata Kepada Sekolah di Kota Yogyakarta. (Foto: Pemkot Yogyakarta)

Yogyakarta-Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta pada hari Selasa (6/7/21) memberikan penghargaan Adiwiyata Kota Tahun 2021. Penghargaan ini diberikan kepada sekolah yang peduli terhadap lingkungan.

Penghargaan Sekolah Adiwiyata tingkat Kota diberikan langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, Sugeng Darmanto.

Adiwiyata merupakan salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam upaya meningkatkan kesadaran dan kepedulian warga sekolah terhadap pentingnya pelestarian lingkungan hidup di sekolah maupun di sekitar.

Program ini diharapkan dapat mencetak siswa-siswi yang dapat menerapkan perilaku peduli lingkungan saat terjun di masyarakat. ”Setiap tahunnya pelaksanaan program adiwiyata menjadi kebanggaan tersendiri bagi sekolah yang mengikuti dan berhasil membentuk karakter warga sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah,” Kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, Sugeng Darmanto.

DLH Kota Yogyakarta berhasil menyaring sekolah-sekolah yang berhak mendapatkan Penghargaan Adiwiyata Kota berdasarkan Hasil Verifikasi Calon Sekolah Adiwiyata tingkat Kota Yogyakarta yang telah dilaksanakan oleh DLH Kota Yogyakarta pada tanggal 24 Maret hingga 29 April 2021.

Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pendidikan dan Penggiat Lingkungan merupakan juri penghargaan Adiwiyata. Penghargaan Sekolah Adiwiyata diberikan kepada sekolah yang sudah berhasil melaksanakan  Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS) melalui 6 aspek Perilaku Ramah Lingkungan Hidup (PRLH) sesuai dengan permen LHK no P.52/MENLHK/SETJEN/KUM.1/9/2019 tentang GPBLHS dan Permen LHK No P.53/MENLHK/SETJEN/KUM.1/9/2019 tentang Penghargaan Adiwiyata.

”Aspek yang menjadi penilaian yaitu Kebersihan, fungsi sanitasi drainase, Pengelolaan sampah, Penanaman, pemeliharaan pohon/tanaman (keanekaragaman hayati), Konservasi air, Konservasi energi, serta Inovasi,” ungkapannya.

Adapun 10 sekolah di Kota Yogyakarta lolos Penghargaan Adiwiyata dengan kategori diantaranya tujuh Sekolah Dasar (SD) dan tiga Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Untuk kategori SD atau sederajat yakni SD Negeri Gedongkuning, SD Kanisius Kintelan I, SD N Jetis 2, SD Kanisius Notoyudan, SD N Tegalrejo 2, SD Taman Siswa Jetis, SD N Rejowinangun 1. Sedangkan untuk Kategori SMP/Sederajat, SMP N 1 Yogyakarta, SMP Muhammadiyah 4, dan SMP Muhammadiyah 9.

Sugeng Darmanto dalam kesempatan tersebut, selain menyerahkan penghargaan  juga memotivasi Penerima Penghargaan Adiwiyata agar sekolah tidak hanya merasa puas telah menerima penghargaan, akan tetapi dapat terus berkelanjutan dalam program pembentukan karakter peduli lingkungan kepada warga, sekolah serta berperan aktif dalam kegiatan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

“Harapannya sekolah tidak hanya merasa puas telah menerima penghargaan, akan tetapi dapat terus berkelanjutan dalam program pembentukan karakter peduli lingkungan kepada warga sekolah serta berperan aktif dalam kegiatan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup,” jelasnya.

By AR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *